Kamis, 26 Oktober 2017

Brand dan Merek

Perbedaan Brand dan Merek
Kata Brand mungkin sudah sering kita dengar. Terutama untuk memberikan identitas terhadap produk favorit dan terutama untuk menunjukan kelas sosial seseorang.  Tapi apa yang dimaksud dengan Brand? Apakah Brand sama dengan merek?
Brand seringkali disejajarkan dengan merek, tidak salah namun juga tidak tepat. Brand bukan merek, tetapi merek adalah bagian dari brand. Brand kadang digunakan sebagai kata benda, kadang sebagai kata kerja, kadang menjadi sama dengan nama perusahaan, pengalaman perusahaan dan harapan konsumen. Brand merupakan segala hal yang berupa fisik maupun non fisik dari sebuah perusahaan, maka jika nama itu adalah brand, itu benar. Jika produk adalah sebuah brand, itu juga benar.
Nicolino mengungkapkan bahwa merek adalah identitas yang mudah dikenali dan menjanjikan nilai-nilai tertentu.
Merek sering digunakan secara umum untuk menyebut sebuah  Brand. Padahal, pada nyatanya Brand dan merek adalah hal yang berbeda. Brand memiliki makna yang lebih luas daripada merek. Berbeda dengan itu, Brand mencakup keseluruhannya, baik yang fisik, non fisik, pengalaman dan asosiasi. 
Brand adalah tubuh dari perusahaan tersebut. Dan merek dapat diibaratkan sebagai nama yang membedakan tubuh dan wajah. Seorang individu akan diingat dengan namanya, dikenali dari wajahnya dan diingat dari segala aktivitas yang dilakukan dan terdapat dari tubuhnya. Misalnya di dalam sebuah Perusahaan, Kalau merek di ibaratkan sebuah  namanya sedangkan Brand adalah adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, baik itu produk, atau layanan, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Ini adalah apa yang harus di perjuangkan, apa yang harus di lakukan, katakan dan tampilkan ke depan publik. Pengertian Merek
Ibaratnya, brand bagi sebuah perusahaan adalah reputasi bagi seseorang. Jangan anggap enteng brand, karena ia adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan. Idealnya, brand akan menjadi kepribadian, karakter dan jiwa perusahaan. Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi kualitas dan performa, serta yang paling penting, perasaan bahwa ini adalah identitas yang ingin ditunjukkan kepada pelanggan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar